• Segera Dibuka PAUD TIDAR KOE - Ayo daftarkan putra-putri anda - Informasi lebih lanjut hubungi Tidar Bangka Belitung
  • Banner Tidar Bangka Belitung
    Published On: Tue, Apr 30th, 2013

    Siaran TV Digital Segera Digelar di Indonesia

    Jika evaluasi berjalan lancar, siaran bisa dirasakan pada Juli-Agustus

    Penyelenggaraan siaran Multipleksing TV Digital diharapkan bisa dimulai pada pertengahan tahun ini. Sebelum itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengevaluasi kesiapan dari pemenang Penyelenggara Penyiaran Multipleksing TV Digital Tahap I.

    “Kami harus pastikan, pemenang betul-betul sudah siap atau belum. Dari aspek transmisi, sudah oke atau belum. Lalu, begitu juga dengan aspek SDM. Evaluasi dilakukan sangat komprehensif,” ungkap Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo, Gatot S Dewa Broto, di Jakarta, 29 April 2013.

    Gatot menjelaskan, evaluasi pemenang tidak akan mempengaruhi status seleksi TV digital yang telah ditetapkan pada 30 juli 2012 silam. “Hanya saja jika ada kekurangan akan diperbaiki,” katanya.

    Setelah hasil evaluasi diberikan, Kemenkominfo mengharapkan dua bulan kemudian para pemenang siaran TV digital dapat meluncurkan siarannya.

    Set-Top Box

    Saat peluncuran siap, Gatot berharap, pemenang juga membagikan perangkat bantu untuk mengubah siaran analog ke digital (set-top box), sebagaimana komitmen pemenang saat mengikuti seleksi siaran digital.

    Distribusi set-top box diatur agar tidak tumpang tindih, yaitu satu rumah mendapatkan satu perangkat bantu tersebut. “Perlu diperhatikan, harapan pemerintah, penerima alat itu adalah mereka yang ada di lapisan bawah,” ujarnya.

    Pihak Kemenkominfo sudah menyiapkan 250 ribu unit set-top box sementara pemenang siaran menyediakan 6,8 juta unit set top box.

    Untuk diketahui, pada 30 Juli 2012 silam, Kemenkominfo telah mengumumkan 23 pemenang Penyelenggara Penyiaran Multipleksing Televisi Digital pada Zona 4, Zona 5, Zona 6, Zona 7, dan Zona 15.

    Zona ini merupakan seleksi TV digital tahap I yang meliputi Pulau Jawa dan Kepulauan Riau. Pemenang tahap I ini meliputi stasiun TV BSTV, RCTI, B-Channel, Semenanjung TV, JTV, dan Carlita TV. (eh)

    sumber: Viva.co.id

    Written by:

    - who has written 80 posts on Tidar Bangka Belitung.

    Tidar Bangka Belitung Lembaga Non Formal Tertua di Pangkalpinang Sejak 1976

    .

    Imam Mardi Nugroho“Setelah bergabung di TIDAR saya merasakan manfaatnya. Selain itu Bahasa Inggris sangat penting untuk Komunikasi, Pariwisata, Investasi dan Pengembangan Provinsi Bangka Belitung. Terimakasih untuk TIDAR yang telah mendukung tujuan ini…”
    Imam Mardi NugrohoTokoh Masyarakat